Minggu, 18 Desember 2011

Istilah dalam dunia shipping pelabuhan

Quay : Dermaga tempat dimana kapal melakukan bongkar/muat barang
Ramp : Suatu fasilitas yang menghubungkan dermaga dan kapal untuk memudahkan kendaraan bisa keluar/masuk ke kapal (ferry) secara horisontal (roll on/roll off)
Ratio Date : Tanggal dimana sebuah kapal sudah harus berada di suatu tempat
Red Channel : Pintu gerbang yang harus dilalui oleh setiap penumpang beserta
barang bawaannya yang harus dideklarasikan pada pabean
Realocation : Realokasi, pekerjaan pengaturan/penempatan kembali petikemas
yang masuk di terminal petikemas sesuai perencanaan
Restricted Areas: Daerah- daerah terbatas/terlarang, mencegah masuknya orang- orang yang tidak berwenang guna melindungi fasilitaspelabuhan dan kapal
Resources Allocation : Alokasi sumber- sumber tenaga dan peralatan yang diperlukan dalam kegiatan operasional
Roll On/Roll Off : Terminal Terminal laut untuk kapal yang membutuhkan gerakan horisontal saat kendaraan keluar/masuk dari dan ke kapal, termasuk untuk barang yang melalui suatu fasilitas yang disebut dengan ramp.
Roll-on, Roll-off (Ro- Ro) : Jenis kapal yang didesain untuk muat bongkar barang ke kapal di atas kendaraan
Occasional Surcharge: Biaya tambahan yang dikenakan untuk kondisi dan kejadian tertentu yang menyebabkan meningkatnya biaya operasional
Oil/Bulk /Ore (OBO): Pengangkut barang curah multi purpose
Oil/Bulk Terminal: Dermaga atau terminal di Pelabuhan yang dilengkapi dengan peralatan untuk menangani transhipment barang atau minyak
Oil Terminal: Dermaga atau terminal di pelabuhan yang dilengkapi dengan peralatan untuk menangani transhipment minyak
Opening Date: Tanggal atau hari tercatat dimana barang bisa diterima untuk dikapalkan secara liner pada suatu pelayaran tertentu.
Open Dock System : Suatu sistem dok di sebuah Pelabuhan yang dipengaruhi oleh variasi pasang surut
Operating Port : Pelabuhan yang menyediakan dan menyiapkan prasarana, sarana dan peralatan mekanik serta melaksanakan seluruh kegiatan usaha pelayanan jasa kapal dan barang
Outward Clearence: Pemeriksaan kepabeanan dari suatu kapal sebelum kapal
yang bersangkutan keluar dari Pelabuhan
Out Turn Report: Laporan yang menggambarkan secara detail barang- barang
yang diturunkan dari petikemas
Overbrengen : Angsuran, pekerjaan pemindahan dari tempat penumpukan ke tempat penumpukan lainnya yang meliputi lift on di tempat asal, trucking dari tempat asal ke tempat baru dan lift off di tempat baru
Overside Discharge: Pembongkaran barang langsung antar kapal ke kapal yang lebih kecil melalui samping kapal dengan menggunakan derek kapal
Occasional Surcharge: Biaya tambahan yang dikenakan untuk kondisi dan kejadian tertentu yang menyebabkan meningkatnya biaya operasional
Oil/Bulk /Ore (OBO): Pengangkut barang curah multi purpose
Oil/Bulk Terminal: Dermaga atau terminal di Pelabuhan yang dilengkapi dengan peralatan untuk menangani transhipment barang atau minyak
Oil Terminal: Dermaga atau terminal di pelabuhan yang dilengkapi dengan peralatan untuk menangani transhipment minyak
Opening Date: Tanggal atau hari tercatat dimana barang bisa diterima untuk dikapalkan secara liner pada suatu pelayaran tertentu.
Open Dock System : Suatu sistem dok di sebuah Pelabuhan yang dipengaruhi oleh variasi pasang surut
Operating Port : Pelabuhan yang menyediakan dan menyiapkan prasarana, sarana dan peralatan mekanik serta melaksanakan seluruh kegiatan usaha pelayanan jasa kapal dan barang
Outward Clearence: Pemeriksaan kepabeanan dari suatu kapal sebelum kapal yang bersangkutan keluar dari Pelabuhan
Out Turn Report: Laporan yang menggambarkan secara detail barang- barang yang diturunkan dari petikemas
Overbrengen : Angsuran, pekerjaan pemindahan dari tempat penumpukan ke tempat penumpukan lainnya yang meliputi lift on di tempat asal, trucking dari tempat asal ke tempat baru dan lift off di tempat baru
Overside Discharge: Pembongkaran barang langsung antar kapal ke kapal yang lebih kecil melalui samping kapal dengan menggunakan derek kapal
Natural Harbour: Daerah perairan yang terlindungi secara alami, yang dapat digunakan untuk kegiatan bongkar/muat kapal
Net Regitered Tonnage (NRT) : Berat bersih kapal tercatat Not always afloat but safely aground (Naabsa): Tidak selalu terapung namun badan kapal duduk dengan aman di dasar (misalnya di lumpur)
Notice of Readiness (NOR): Pemberitahuan secara tertulis oleh nahkoda kepada penyewa bahwa kapal siap untuk dimuat atau dibongkar
Manifest : Daftar barang yang dimuat kapal
Master Cable : Berita/ kawat yang dikirim Nakhoda kapal berisikan perkiraan kedatangan kapal di pelabuhan
Marshalling Area : Suatu daerah dimana kita merakit barang- barang atau mobil untuk menunggu pengapalan atau pendistribusian melalui jalur darat
Marpol Marine Pollution Prevention Convention 1973/1978 , yang membahas
aspek perlindungan lingkungan perairan, khusus untuk pencegahan
pencemaran yang asalnya dari kapal, alat apung dan usaha penanggulangannya
Marine Diesel Fuel (MDF) : Bahan bakar untuk mesin putaran rendah dan menengah
Marine Fuel Oil (MFO): Residual Fuel Oil, bahan bakar motor diesel dengan
putaran rendah
Mix Comodity Box Rate: Tarif yang diberlakukan untuk petikemas yang berisi beberapa jenis barang
Minimum Freight (M/F ): Uang tambang minimum yang harus dibayar per B/L
oleh pemilik barang dan jumlahnya bukan berdasarkan ton/m3 barang
Mooring Buoys : Pelampung pengikat, pelampung dimana kapal ditambatkan
untuk melakukan suatu kegiatan
Mooring Dolphin: Dolphin yang digunakan untuk menambat kapal dan tidak
untuk dibenturkan ke kapal
More or Less at Owners Option (MOLOO): Kesepakatan mengenai Cargo dead-
weight, pemilik kapal mendapat kelonggaran lebih atau kurang, karena yakin
situasi dari bunker/stores yang ada
Multi Port Itineraries : Jadwal pelayaran sebuah kapal yang melalui sejumlah Pelabuhan dengan mengangkut barang, misalnya dari jenis minyak
Multi Purpose Berth : Dermaga yang mampu menangani berbagai jenis barang dalam berbagai bentuk misalnya pallet, kontainer, barang curah, mobil, termasuk kapal dengan berbagai spesifikasi
Laydays: Kelonggaran atau tenggang waktu yang diberikan kepada kapal untuk memulai pemuatan dan pembongkaran, dimana pencharter dapat melakukan bongkar/muat tanpa membayar biaya ekstra
Laytime: Waktu labuh
LCL/LCL : Pelayaran bertanggung jawab sejak barang diterima dari shipper di container freight station (CFS ) di pelabuhan muat sampai dengan barang
diserahkan ke consignee dari CFS di pelabuhan bongkar. Less Than Full
Container Load (LCL) Petikemas isi yang dikuasai lebih dari satu pemilik.
Lighterage: Bongkar/muat melalui alat angkut sejenis tongkang/perahu
Length Between Perpendiculars (LBP): Panjang kapal diukur dari linggi-linggi paling depan dan bagian paling belakang dari buritan pada garis maksimum sarat musim panas
Length Over All (LOA): Panjang kapal secara keseluruhan yang diukur dari bagian paling ujung dari linggi- linggi sampai bagian paling belakang dari buritan
Lift On/Off (LoLo): Kegiatan mengangkat/menurunkan petikemas dari lapangan penumpukan ke atas chasis atau sebaliknya
Lighter Carrier: Kapal pengangkut tongkang, variasi dari kapal pengangkut
petikemas, dimana sebagai pengganti petikemas, kapal jenis ini mengangkut
tongkang bermuatan
Light Displacement: Berat kapal dalam keadaan kosong
Liner: Kapal yang memiliki tujuan, rute dan jadwal yang tetap
Loading Berth : Suatu tempat atau daerah di Pelabuhan dimana kita menaikkan barang ke kapal
Loading List: Daftar muatan yang akan dimuat keatas kapal
Loading Plan: Perencanaan muatan
Long Distance : Jarak pengangkutan barang yang terlalu jauh (sampai ke gudang/lapangan penumpukan), biasanya lebih dari 130 meter.
Long Term Storage : Penumpukan atau penimbunan barang untuk jangka waktu lama
Loose Cargo : Muatan yang terpisah-pisah
Lower Hold: Palka paling bawah
Loading Vesel: Kapal yang mengangkut barang yang dimuat
Log Book : Buku harian kapal
Loaded Displacement : Berat kapal beserta muatannya pada sarat kapal (draft) maksimum yang diperkenankan oleh peraturan
Load Line: Garis batas maksimum kapal dapat dimuat
Longlength Surcharge: Tambahan freight long length surcharge untuk barang yang panjangnya melebihi 8 meter, secara bertingkat
Lump sum Freight: Uang tambang yang dihitung berdasarkan atas unit atau sejumlah unit tertentu
Low Water Ordinary Spring Tide (LWOST ): Permukaan air terendah pada musim panas biasa

2 komentar:

  1. Jasa Pembuatan Sertifikat PHYTOSANITARY,FUMIGASI,COO,HC dan Segala persyaratan ekspor dan impor (via Pelabuhan TJ.Priok) hub : farizsuhada07@gmail.com

    BalasHapus
  2. SERVICE CUSTOMS CLEARANCE , UNDERNAME ( CONSIGNEE ) - TRANSPORTATION

    Dengan hormat,...
    Perkenankan kami,PT.DUTA JAYA KUSUMA.
    Memperkenalkan diri sebagai Perusahaan International Freight Forwarders & Importir Umum, yang berdomisili di Jakarta Timur dan kami siap membantu segala kebutuhan yang berhubungan dengan proses Kepabeanan.
    Sebagai dasar pendukung untuk memenuhi segala kebutuhan pelanggan.Maka kami PPJK Bea Cukai Perusahaan Jasa (Edy Systems) yang diusulkan Jasa Manajemen Import untuk perusahaan Bapak/Ibu Sebagai berikut:

    I.System the we provide as follows:
    Ex-works
    Customs Clearance
    All - Inclusive / Wholesale
    UnderName (consignee)
    Door To Door
    Port To Door
    Direct Freight
    Land Transportation
    Warehousing
    EDI stalls - PPJK
    Legality Import

    II. Import licenses, IT ELECTRONICS, IT IRON / STEEL PWP, API-U
    S R P / N I C
    N P I C
    SIUJPT
    QUOTA OF USED

    III. Types of vehicles that we have:
    LOW BED
    SELF LOADER
    Dolly - Dolly
    Trailler
    COLD DIESEL

    " Should you have any question please feel free to contact us
    Thank you for your kind attention and cooperation.
    Looking forward to hearing from you soon."
    Best Regard's

    Thamzil Feriansyah
    (Import & Export For Sea/Air Divison)
    Jl.Raya Utan kayu No.105B lt.2,Jakarta timur 13120
    Tlp : +62 21 - 8591 7819 ( Hunting )8591 7818
    Fax : +62 21 - 8591 7817
    Mbl : +62 822 9843 5499 / 0813 3338 8735
    W/A : +62 895 2072 8566
    Bbm : 29739eee / 2b132e63

    BalasHapus